Iklan

Bupati Sukabumi Dorong BPR Turut Membatu Pembiayaan Bumdes

Tuesday, August 23, 2016, 9:11:00 AM WIB Last Updated 2022-02-13T05:26:47Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
MetronewsIndonesia.com, SUKABUMI – Bupati Sukabumi, Marwan Hamami mendorong Badan Perkreditan Rakyat (BPR) untuk turut membantu pembiayaan badan usaha milik desa (bumdes).

“Kedepan, Bumdes harus bisa dibiayai BPR agar bisa investasi di sektor pariwisata di wilayah masing-masing,” ujar Marwan Hamami kepada wartawan, belum lama ini.

"Oleh karenanya, keberadaan bumdes harus didukung melalui mekanisme perbankan yang profesional," lanjut Marwan.

Salah satu lembaga yang berpotensi untuk membantu pembiayaan Bumdes tersebut menurut dia, yakni dengan menggunakan perbankan milik pemerintah daerah (pemda).

Karenanya, Bupati Sukabumi yang baru terpilih itu berharap, kedepan, Bumdes harus bisa dibiayai BPR agar bisa investasi di sektor pariwisata di wilayah masing-masing,

Oleh sebab ia akan mendorong program tersebut dengan menjadikan bank milik Pemda, yaitu BPR, sebagai partner perbankan.

Meski diakuinya program menuju ke arah tersebut belum maksimal, lantaran belum memiliki dasar hukum yang jelas, namun pihaknya akan terus berupaya agar bisa merealisasikan program yang diharapkan akan menguatkan sistem peningkatan ekonomi Kabupaten Sukabumi itu.

“Kita akan berupaya sesegera mungkin, agar pembangunan Sukabumi kedepan tak lagi terlalu berharap kepada investor," harap Marwan.

Dan bukan tidak mungkin pikir Marwan, kedepan peranan BPR juga akan benar-benar bisa meminimalisir korban rentenir di kalangan masyarakat.

Apalagi, menurutnya, jika instansi lain seperti Badan Amil Zakat (BAZ) Sukabumi ikut berperan, tentunya akan memaksimalkan peogram pembangunan berkelanjutan.

“Kolaborasi bumdes dan BAZ dan BPR dalam memangkas persoalan rentenir di kalangan masyarakat, akan sangat diperlukan." Pungkasnya. Red*/
Komentar

Tampilkan

Terkini